Patah Tulang di Mata Orang Awam

Posted by Sepercik Tinta Jumat, 08 Februari 2013 0 komentar
Perkembangan Otomotif di Indonesia ternyata berbanding Lurus dengan Kasus Fraktur, mengapa demikian? Iya di Indonesia kematian tertinggi adalah akibat kecelakaan lalu lintas.  Tingginya angka kecelakaan ini juga berbanding dengan menikngkatnya angka fraktur yang terjadi di indonesia, dan sekarang ini sudah berkembang berbagaimacam cara pengobatan kodekteran yang digunakan untuk menyambungkan tulang kembali, bahkan tulang yang remuk dan luluh lantak pun bisa diperbaiki. Dan dengan metode terupdatenya sekarang banyak penderita fraktur yang dalam hitungan bulan bisa beraktifitas normal, dan semua itu akan kita kupas disini.
                Tulang apabila diibaratkann rumah adalah tiang penyangga, apabila tiang patah maka tak bisa dipungkiri rumah yang kita huni tak bisa lagi berdiri kokoh, inilah keajaiban Allah, bagaimana struktur tulang sudah didesain sedemikian rupa sehingga antara otot dan tulang saling bekerja sama untuk menopang tubuh agar bisa untuk aktifitas, Otot yang kuat akan membantu tulang dalam menopang tubuh . antara otot dan tulang adalah salah satu pasangan yang diciptakan oleh Alloh untuk  saling berkolaborasi sehingga manusia bisa berjalan normal, lari, lompat, bahkan salto sekalipun.
                Cidera yang kuat dari luar, hantaman dengan daya besar, atau hentakan yang besar bisa menajdi pemicu rusaknya jaringan tulang, sehingga tulang bisa menjadi patah pecah,bahkan remuk, penyebab lainnya adalah kekeroposan tulang yang disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dari tubuh  sehingga tubuh akan mengambil mineral-mineral kalsium yang terdapat pada tulang yang mengakibatkan tulang menjadi keropos. Berbeda dengan tulang otot diciptakan dengan segala kelenturanya sehingga bisa menyesuaikan bentuk dengan tulang, otot bersifat elastik seperti karet. Menyesuaikan disini artinya melekat pada tulang dan mengikuti panjang pendeknya tulang
                Patah tulang dalam bahasa medisnya fracture adalah hilangnya kekuatan  tulang yang disebabkan oleh beberapa hal diatas, kerusakan pada tulang ternyata sangat komplek tidak terbatas pada tulangnya saja, juga jarigan yang berada di dekatnya, kerusakan pada tulang biasanya diikuti dengan kerusakan jaringan ditandai dengan melepuhnya diarea patahan yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah. Karena kerusakan jaringan tersebut, darah akan mengalir terfokus ke area patah dengan membawa mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada. Dan inilah bagaimana sistem metabolisme tubuh di desain dengan sangat komplek yang bekerja di luar otak manusia, tanpa disuruh dan mendapatkan perintah dari otak, sistem dalam  tubuh akan memperbaiki cidera dengan sendirinya.
                Lalu bagaiamana dengan perbaikan  tulangnya? Oke kita mulai dari  prinsip penyembuhan luka dan penyembuahan penyakit, tubuh kita telah didesain untuk melawan segala sesuatu yang ganjil ataupun tidak beres pada tubuh, seperti ketika luka, tubuh akan dengan sendirinya memasang guard pertahanan dari segala macam virus , lalu kita tak butuh obat dong kalo begitu?? Tetap butuh, kita tetep membutuhkan obat, pada prinsipnya tubuh normal atau sehat sebenrenya terjadi kerusakaan dan regenerasi sel, Alloh sudah mendesain sedemikian komplek sehingga ketika regenerasi sel ini berlangsung tidak akan mengganggu proses metabolisme yang lain, kemudian ketika kita luka apabila lukanya kecil kita hanya cukup menjaga dari kebersihan di area luka agar jangan sampai terkena infeksi dari luar, jadi metabolisme dan mekanisme penyembuhan luka oleh tubuh tidak terganggung infeksi.
                Fungsi obat disini tidak lain adalah untuk memacu produksi zat yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan perbaikan di area yang bermasalah, bahkan untuk men-supplay kebutuhan tersebut, saya gambarkan disini adalah sebagai gudang beras, di Indonesia Beras adalah makanan pokok yang dikonsumsi jutaan umat di Indonensia, ketika persediaan menipis makan kita 2 opsi . pertama akan mengimpor beras  atau kita akan mengimpor sistem /cara pengolahan agar tanaman padi di indoensia menjadi tercupi, dan begitulah analisa saya mengenai metabolisme tubuh , pada hakikatnya tubuh sudah didesain secara komplek untuk memperbaiki gangguan tubuh dan fungsi obat disini adalah untuk memacu dan juga untuk menyediakan kebutuhan tersbeut
                Back to Topic, “Patah tulang”, pata tulang bisa disembuhkan tanpa perantara siapapun dengan syarat dan ketentuan berlaku, kata sembuh memang maknanya sangat luas, sembuh itu ada yang bilang bisa jalan tapi tidak normal atau  sembuh dan normal, orientasi kita sekarang adalah untuk pengertian sembuh yang berjalan normal. Mari kita membahastentang metode yang digunakan untuk menyembuhkan patah tulang baik yang digunakan oleh dokter maupun oleh alternatif. Berdasarkan pengalaman dan googling saya bisa simpulakan Prinsip yang digunakan alternatif maupun medis adalah sama tapi  menggunakan teknik yang berbeda. OK fine kayaknay obroalanya semakin asyik kan...
                Lanjut yak.., sistemnya  bagaimana sih dalam penanganan yang digunakan kok bisa sama? . Oke, baik alternatif (yang saya maksud disini alternatif yang langsung kontak dengan pasien bukan alternatif yang dari jarak jauh katanya bisa ngombatin tuh) maupun medis prinsipnya sama yaitu menjaga kestabilan tulang pasca trauma, kestabilan disini adalah menjaga tulang agar posisinya antara ujung ujung yang patah bisa saling berhadapan dan bertemu satu sama lain. Di sebagian alternatif yang mau menerima ronsen sebagai acuan proses perbaikan ada juga yang hanya mengandalkan tanganya untuk meraih tulang untuk kemudian memperbaiki dengan cara di pijit terlebih dahulu untuk melemaskan otot, dengan berbagai jenis minyak yang digunakan. Loh kok dipijit emng tidak sakit??  Jangan tanya sakitnya, siapkan saja bantal untuk menutup mulut  agar teriaknya tidak kedengeran jauh hehehe,
                kalo boleh tau apakah penyebab sakit itu karena tulang yang patah itu? Bukan, tulang tidak punya rasa sakit, yang punya rasa sakit adalah jaringan disekitar tulang jaringan otot tepatnya, inilah yang saya sebut di awal bahwa permasalahan tulang bukan fokus kepada tulang saja melainkan jaringan otot dan saraf.
Owh gitu ta, setelah di benerin posisinya lalu diapain? Setelah si alternya mereasa bahwa tulangnya posisinya udah bagus maka akan di daplok dengan berbagai macam cara, bisa dengan dengan kayu, bambu, kardus, bahkan ada yang hanya memakai tali setiap pengobatan alternatif berbeda dalam penangananya. Setelah itu pasien boleh pulang dan biasanya tiap minggu akan di kontrol untuk  perkembanganya. Sama dengan Medis, Tim Medis akan selalu didampingi ronsen dalam penanganya, setelah dianalisa dan diliat sebagaimana kerusakan jaringan tulang ataupun jaringan otot maka baru diputuskan akan dioperasi apa tidak. Kalo tidak operasi pasien akan di Gibs semacam semen putih yang dibalutkan ke area yang patah untuk menjaga ke stabilan tulang, dan setelah 3 bulan akan di lepas,untuk kasus kasus di Gips terbatas pada kerusakan tulang yang ringan, retak, bahkan patah tapi posisinya masih bagus. Sampai sini paham kan?
                Kemudian yang diputuskan operasi maka kaki pasien akan di sayat dan tulangnya  akan dibersihkan sisa remukan tulang dan yang patah akan dipasang Pen. Untuk yang parah biasanya akan di pasang extrnal pen bahkan ada yang dipasang izalograf, Wah alat apa itu? Baca disini , prinsipnya tulangya akan dipasang plat dan screw diborkan ke dalam tulang. Sehingga dalam waktu dekat sudah bisa mobilisasi. dalam jangka waktu tertentu ketika tulang menyambung dengan baik, maka akan melakukan operasi lagi untuk pengankatan pen.
                Ow begitu jadi persamaanya adalah sama-sama akan dipertahankan posisinya kemudian di alter akan dipasang blok, dan di medis akan dipasang gibs atau pen, aduh jadi semakin bingung nih yang baik yang mana, penanganan yang tepat yang mana, Terus gimana nih, saya harus di alter atau beralih ke medis?
                Baik penanganan alternatif maupun medis sudah kita bahas di atas dan mari kita bicara pahitnya. Loh kok ada pahit segala?.Ada, Oke fine kita kelupasi pengobatan alternatif secara mendalam,  banyak terapis-terapis yang dengan kepercayaan yang tinggi mengobati pasien tanpa didampingi ronsen, nah ini salah satu alternatif yang tidak direcomendaikan.  patah tulang biasanya tidak hanya terjadi kerusakan pada jaringan tulang, tapi harus dilihat kembali posisi tulang yang patah.
                Ini adalah kasus saya yang patah tertutup, Untuk patahan seperti punya saya, sangat tidak disarankan untuk di bawa ke alter, karena selain patah,posisi juga tidak bagus dan yang menakutkan adalam remukan tulangnya yang apabila tidak segera dibuang makan akan mengganggu otot dan jaringan di sekitar tulang. Wah kalo posisi kayak gitu tulang bisa nyambung gak tu? Mengenai menyambung, itu sangat mungkin terjadi selama asupan kalsium mencukupi, Nah lo,kalo begitu untuk apa susah-susah ke medis?.  Silahkan baca 4-5 paragraf diatas tulang adalah penopang tubung, terlebih tulang bagian bawah seperti paha dan tulang kering yang merupakan tumpuan utama, kalo toh ini menyambung akan memungkinkan terjadi hal-hal berikut ini
Kaki akan menjadi bengkok
Ini terjadi karena tulang tidak lurus diantara ujung-ujungnya dan kalo toh sembuh dan menyambung maka posisi kaki tidak seperti kaki yang sehat dan bisa dipastikan untuk bisa jalan normal sangat kecil sekali (Delayed Union)
Akan terjadi Pemendekan kaki
Kok bisa terjadi pemendekan kaki?. Baca diatas, Otot diibaratkan karet yang akan mengikuti tulang ketika tulang tumpang tindih maka dipastikan otot akan ikut memendek,  sehingga kaki tidak sama panjang, anda tau kalo kaki tidak panjang jalanya seperti apa?
Kekuatan kaki tidak maksimal
Posisi yang tumpang tindih adalah posisi tulang dimana ujung-ujung tulang tidak ketemu dan kalo toh menyampung ini akan rapuh sekali sehingga nyaris kekuatanya tidak ada bahkan bisa Non Union (tidak menyambung) sama sekali
Akan terjadi Infeksi
Ketika patah tulang maka terjadi pendarahan di jaringan sekitar yang patah, dan pada prinsipnya darah yang kotor harus segera dibung dari tubuh,  apabila masih dipertahakan didalam tubuh makan bisa menimbulkan infkesi dan pembusukan terlebih untuk kasus Open-Frackture, apabila terjadi infeksi maka jaringan otot akan mati dan ditandai dengan warna kehitaman, ketika terjadi infeksi di jaringan akan segera menyabar ke jaringan tulang, tulang pun ikut terjangkit infeksi, apabila dibirkan saja kaki akan membusuk, ketika sudah parah kemudian baru di bawa ke dokter dan silahkan bersiap-siap untuk mendapatkan vonis “AMPUTASI”

Wah Jangan nakut-nakutin dong masa sih bisa kayak gtu? Terus nasibku gimana nih? Saya kan dari keluarga yang tidak mampu, sedangkan biaya pemasangan pen itu bukan ratusan ribu tapi puluhan juta, saya dapat uang dari mana?

                Uang adalah masalah yang BESAR tapi meskipun begitu percayalah masalah yang BESAR juga akan terbuka jalan yang LEBAR .Saya pernah di posisi anda ketika uang menjadi kendala utama ketika saya akan operasi pemasangan pen, masih teringat jelas bagaimana di altrnatif saya tidak bisa tidur nyenyak karena harus menjaga kondisi tulang agar tidak goyang, harus berfikir dalam ketikapastian apakah ini posisinya sudah baik apa belum, posisinya sudah pas belum, kemudian sempat minta operasi kepada orang tua tapi ditolak mentah-mentah, dan akhirnya....
Akhirnya apa?
 Akhirnya saya Operasi juga.
Lo kok bisa katanya terbentur masalah biaya?
Dari pada saya kehilangan tenaga saya untuk berfikir hal-hal yang tak bisa dinalar, pusing oleh ketakutan-ketakutan dan ketidaktenangan dalam menjemput kesembuhan saya meminta orang tua saya untuk gali lobang dan saya yang dijadikan tumbal.
Tumbal? Kamu jual organ dalam gitu untuk pasang pen? Istigfar bro...
(*Lempar Kruk...) Enak aja jual  organ tubuh, pada waktu itu saya hanya minta agar dicarikan pinjaman dimana aja asalkan bisa untuk biaya operasi dan akan mengembalikanya setelah sembuh kembali tapi disini kembali orang tuaku berhasil membuatku terharu, karena beliau bilang dia akan mencarikan semua biaya operasi saya. Dan alhamdulilah dalam jangka waktu satu minggu akhirnya dapatlah uang 18 juta untuk persiapan operasi dan Beliau bilang suapaya saya tidak berfikir untuk uang 18 juta itu, tetapi fokuslah dan perbanyak berdoa untuk kesembuhan, biarlah kami yang akan menanggung pinjaman itu, dan disitulah saya tak bisa berkata apa-apa selain sedih , terharu juga takut. (sambil ngusap air mata)
Kenapa takut? Bukanya kamu seneng udah bisa operasi.
Mau tau ja apa mau tau banget???
Serius oy... kan ini postinngya lagi serius.....
Oke serius grak.....

                Singkat cerita (loh ini kok jadi saya yang curhat)  operasi saya berjalan lancar dan  hanya 2 hari diopnam di RS, dan saya sempat mengintip kwitansi pembayarannya adalah 12 juta dan dapat keringanan 25 % untuk Jamkesda sehingga total biaya semunya 8 jutaan
Wah apa itu jamkesda??
Baca Disini, kemudian setelah sampai rumah seneng rasanya bisa melihat kakiku lurus lagi, walaupun sempat ngeri liat jahitanya. Tapi terlepas dari itu saya sangat kasihan juga kepada orang tua saya, karena lubangnya banyak pake banget. saya sempat berfikir bagaimana mendapatkan uang sebanyak itu untuk meringankan beban orang tua saya, kalo dari Blog rasanya gak bisa langsung dapet, apalagi untuk payperclick itu membutuhkan waktu yang lama, yang saya lakukan hanya berdo’a dan berdoa mengingat saya hanya bisa berdoa tak bisa melakukan banyak hal. Tapi rupanya do’aku masih didengar oleh Alloh dan motto “Masalah besar pasti ada jalan yang Lebar” terbukti juga, ada surat dari Jasa Raharja yang intinya menawarkan agar segera mengurus untuk mendapatkan Santunan dan setelah mengurusi dan melengkapi berbagai persyaratan akhirnya....
Akhirnya apa? Jasa Raharjanya cair ya...? Terus bagaimana setelah dioperasi?
Bukan akhirnya saya harus mengakhiri posting ini lain kali dilanjut lagi yak....
tobe continued

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Patah Tulang di Mata Orang Awam
Ditulis oleh Sepercik Tinta
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://seperciktinta.blogspot.com/2013/02/patah-tulang-di-mata-orang-awam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Original design by Bamz | Copyright of Blog Pintar.